Tentang menjadi dogslovers..

Suatu hal yang dipandang aneh, adalah ketika saya yang menyebutkan Islam atau Muslim sebagai identitas kepercayaan saya, sementara saya memandang(dan kalau bisa menyentuh) dengan rasa sayang setiap anjing yang saya lihat dijalanan. Apalagi foto tercantik Uchuy yang lagi sama Ivy, yang terpajang di sisi PC, menimbulkan pertanyaan; “Loh, emang piara anjing??”

Saya “iyah..”

Penanya “Loh, tapi kamu Islam kan?”

Saya “Iya. Saya sih merasanya Islam”

Penanya “Loh, kan Haram..”

Saya “Setahu saya Haram buat dimakan..”

Penanya “Eh iya, maksud saya kan Najis..”

Saya “Ya dicuci lah, Pak.. kan ada tata caranya…”

Penanya,..”ooh iya,..euh,..emmm….” seperti kehabisan kata2 trus tiba2 ngebahas “eh,..ada yang lucu tuh, badannya kecil,…bulunya keriting2,..apa ya itu,..pudel ya?” Saya “keriting dan kecil bisa jadi mini poodle, macem2 sih jenisnya…bla..bla bla..”

Jujur saya ga keberatan ditanya2 seperti ini,… malah cenderung seneng karena bisa berbagi pendapat dan pandangan pribadi saya mengenai hal2 yang saya sukai,tapi dicibir dan dikerutkan kening.

Dan sudah hampir 3 tahun saya gabung di milis dogslovers&(alm)forumnya, saya sungguh senang. Mengetahui bahwa ada selain saya, yang muslim, yang memperlakukan anjing sebagaimana seharusnya mereka diperlakukan.

Ada segelintir pribadi yang kadang menyudutkan& sedikit mencibir agama yg “mengharamkan/menajiskan” sahabat mereka(dan saya), tapi beruntung, mereka pun mau memahami dan mengerti penjelasan dan pemaparan rekan muslim (penyayang anjing) lainnya. Bahwa maksudnya bukan membinasakan atau menyiksa atau berhak menyakiti, tapi mengharamkan untuk dimakan dan najis berat liurnya sehingga jika terkena bagian tubuh, itu harus(wajib) dibersihkan dengan tata cara tertentu untuk dapat kembali dalam keadaan suci untuk beribadah(sholat). Tapi, ini hanya pemahaman kami, muslim penyayang anjing.

Oh iya, berikut surat yang saya ambil dari milis dogslovers berkaitan dengan/menjawab/menanggapi mengenai “agama yang mendiskreditkan”, tanpa emosi, penuh ketenangan, penjelasan singkat sehingga (semoga)mudah diterima anggota milis non muslim lainnya, bahkan ada beberapa support dari yang non muslim yang menyatakan bahwa mereka percaya, Islam itu sebaik yang ditunjukkan sahabat2 muslim mereka;

Saya bukan ‘ahli agama’…… saya cuma menjalankan saja nilai-nilai agama yang percaya….. . yang mungkin beda dengan banyak orang lain….. saya pelihara doggie sejak saya kecil, karena menurut agama yang saya percayai, orang boleh memelihara doggie…. asal memang ada manfaatnya.. … dan itu sebenarnya tidak hanya dalam hal doggie…… semua jenis binatang berlaku aturan yang sama……. Yang saya tahu, di arab pun ada anjing…. umumnya dipakai untuk menjaga ternak….. nah masalah konsep ‘manfaat’ ini bisa berbeda-beda, dan itu sih terserah orang masing-masing saja menurut saya….. yang penting niat nya…..

Konsep najis bukan berarti boleh menyiksa binatang…. .. yang dinajiskan bukan doggie secara keseluruhan. … tetapi air liur nya….. mengapa air liur anjing di najiskan? ada banyak alasan, dan ini masalah percaya atau tidak percaya….. jadi cukup untuk dipahami umat masing-masing saja…..yang jelas, kalau terjilat…. . bukan doggie nya yang harus dibunuh, tetapi anggota tubuh yang terjilat harus dicuci….. gitu saja kok…. saya mengajarkan doggie saya untuk gak menjilat tangan saya….. jadi kalau saya mengelus badannya, mereka manja-manja tapi tidak menjilat saya…… sesekali pasti kena jilat juga, yah tinggal saya cuci saja sesuai ritual yang diwajibkan.. …

Dalam hikayat yang diceritakan guru agama saya dulu waktu kecil….. Nabi pernah menyampaikan kisah orang yang di’hukum’ Tuhan karena mengikat anjingnya sampai mati kelaparan… … jadi dari hikayat itu pesan guru agama saya jelas, tidak ada hak saya menyiksa atau membunuh anjing, atau hewan apapun, untuk alasan apapun (kecuali menyelamatkan nyawa tentunya)… … dan itu adalah dosa besar…… Hanya saja memang pemahaman tentang konsep najis, haram, halal, makruh dsb dsb perlu pembelajaran yang panjang….. .. dan sebagian orang mungkin hanya mendengarkan sebagian

Soal mengajar doggie… oh saya jelas pernah memukul sinbad maupun shiro, biasanya pakai koran… pantatnya…pernah juga saya pukul pakai tangan…… tapi lebih sering saya pukul-pukul sendal ke tembok di dekat mereka, asal mereka tahu saya tidak suka… mereka berdua bandel luar biasa…sinbad sedikit lebih nakal daripada shiro…… jadi yah seperti anak nakal juga, kadang di marahi….. kadang mereka berantem…. … terutama sinbad yang kalau bercanda suka ‘beneran’… .. dan kalau tergigit shiro sedikit ‘kaing-kaing’ nya kayak luka parah bikin saya panik marahin shiro dan periksa sinbad hanya untuk tahu ternyata gak kenapa-kenapa. ….

Masa-masa nakal mereka…. masa-masa sakit mereka….. masa-masa mereka merusak benda-benda. …. menabrak pot bunga…. menggigit tiang kayu…… masa-masa berisiknya mereka memang kadang melelahkan.. … tapi mereka memang mahluk hidup yang tidak bisa disetel seperti robot sesuka kita…bahkan robot pun kadang ‘membangkang’ ……. Tapi setiap pagi saya bangun dan waktu sarapan di belakang, sambil melihat sinbad dan shiro saling menjilat telinga dan hidung (kayak ciuman) di teras belakang, i know i did the right thing by taking them to be part of my life….. Sinbad akan berumur 4 tahun, tahun ini….. dan saya masih ingat bagaimana kecil dan rapuhnya dia dulu pertama kali saya bawa pulang…

==================================================================

Dan mereka-apapun agamanya- yang suka menyiksa hewan, adalah orang2 yang pengecut, picik, rendah dan keji. Dan sungguh, seburuk2nya kelakuan/sikap seseorang/segelintir orang (yang kadang mengatasnamakan agama/peraturan agamanya), yang bermasalah bukan agamanya, tapi cara berpikirnya masing2 pribadi/orang tersebut.

Saya juga bukan pemilik anjing yg baik banget, buktinya uchuy terlalu manja, nakal dan susah dibilangin ampe sekarang. Terlalu banyak tangan, jadinya selalu ngerasa dibelain…

Tapi yang penting; Lets be responsible owner. Having pets(any pets) its a life-full time commitment.

2 responses

  1. gppa..
    anjing lucuu ko🙂

    1. iyappp,bangetsss..whahaha..
      Thank you for revisiting, Mumuuu..:D

comments here :

