MONNYETTTT..!!!!

Malam ini, diperjalanan pulang dari nonton ALice in Wonderland, Margons -sang penyandang dana bersenang2 malam ini- sekaligus pemegang kemudi, Liplip sbg navigator/road officer, dan gw berperan sbg sang nona besar yg lagi sakit dikursi belakang, sibuk ngomel2in alay2 brmotor yang tampaknya makin merajalela di malam minggu ini. Dari yang boncengan bertiga, laju melenceng2, sampe yg ngebut gila2an, trus ngelambat trus ngebut lagi dst..
liplip jadi inget belom nyeritain ke margons ttg nyokap versus alay beberapa waktu lalu. Gw udah denger karena kejadiannya pas gw dirumah, jadi pas mereka pulang, gw langsung denger versi lengkapnya dan cekikikan ngebayangin perasaan(atau ego) si alay yang pastinya terluka. Sebelumnya, gw coba kasih gambaran singkat ttg nyokap;beliau ibu terbaik buat anak2nya, istri terbaik buat suaminya, perempuan hebat mengagumkan yang serba bisa dan mandiri. Superwoman. Berkarisma baik&penuh belas kasih sekaligus tegas dan galak. Dan terkenal pula. Kalo ada abang becak/ojek yg ga kenal nyokap gw, kemungkinan itu abang baru memulai kariernya plg lama 2 hari..:D Pokoknya nyokap gw eksis abis..
Nah, beberapa hari lalu nyokap nganter liplip les LIA. pulangnya sekitar jam 10an malem nyampe rumah. DI belokan yang mau masuk kerumah itulah kejadiannya; Jadi dari jalur kiri, mau belok ke kanan, tentu aja udah ngasih sen, buka kaca mobil dan belok pelan2,… mobil udah melintang setengah jalan, tiba2 ada motor yg teteup keukeuh nyalip dari kanan, yang bener2 bahaya banget soalnya dibelokan itu agak nurun yg bisa aja si motor kepleset. Spontan nyokap kaget, dan -menurut liplip- dengan segenap hati, sepenuh jiwa yang tulus spontan teriak “MONNNYYEEEEETTTT” pake suara plus tenaga dalem. Jadi suara nyokap beneran membahana dan kenceng banget, sampe si alay itu nengok,2 x. Dan abang2 ojek yg biasa mangkal disitu pada denger. Loud and Clear.
Mimpi apa si monyet coba?? kan kasian monyetnya, untung ga ada monyet yg denger.. itu komen gw waktu lip2 nyeritain ulang kisah nyokap&alay. tapi margons sambil cekakan malah nanya: “nyokap lagi pake jilbab gak tuh lip?? xixixixi”

hmmm… gw jadi kepikiran. emang kenapa kalo pake dan kenapa kalo engga? toh intinya sama aja; beliau menyumpah. apa klo lagi pake trus si alay bakal jadi sadar trus insap gitu? atau malah nyokap yg kena cap negatip karena ga bisa “jaim” padahal lg pake jilbab?

Jujur, gw juga seringnya mengharapkan “lebih” dari mereka yg selalu berkerudung. Tapi gw ga menghakimi kalopun terkadang ada yg ga “jaim” atau tiba2 ketauan ngelakuin hal2 yg dianggap melanggar etika(bukan norma) masyarakat. Inget dong hebohnya infotainment sama Zaskia yg ngerokok dan duduk ngangkang(walo pake rok lebar) diantara 2 cowok&liburan bareng Hanung-belum jadi suaminya- ke luar pulau(gw lupa pulau mana). Sementara Laudya Chintya Bella, liburan ke Singapore bareng pacarnya yg non muslim itu,foto pelukan pake hotpants(bella-nya, bukan chicconya), foto2seksinya megang botol minuman beralkohol rame2 sama cewek2 lain yang ga kalah seksi. Ga gitu ganggu publik/infotainment. Padahal, 2 orang itu waktu umrahnya sama2 ramai diliput infotainment.

Dulu M sempet request gw untuk mempertimbangkan pake kerudung. Tapi gw bilang; belum. Kalaupun mati muda, gw mungkin ga akan sempet make itu untuk sehari2. Sampe istighfar M🙂 tapi beberapa bulan kemudian, M menarik ucapannya. M bilang, mau gw apa adanya, yang penting baikhati dan berusaha tidak sombong. Ga apa ga pake kerudung, yang penting jangan pake baju yg seksi2. Gw (pake baju) sexy?? ya olooooh!! :p

Kerudung itu identitas muslimah. Harusnya harkat&martabatnya dijaga sebaik2nya. Yg mengenakannya mengintrepetasikan nilai yg dianut. Yang mengenakan kerudung memang seharusnya jaim sejaim2nya. Bukan dalam artian palsu, tapi lebih ke menahan diri. Menahan diri untuk pamer/riya/sombong/ketus/menghakimi. Yg gw liat beberapa kali, identitas itu dipakai untuk menutupi kebusukan individu. Banyak yg mencahayakan hati sih. yg baik dan beneran sesuai. tapi ada kalanya yg jadinya sering ngerasa paling benar. cenderung mudah mencibir tapi nangis mengaduh kalo dicibir balik. sombong. ada beberapa (di FB) memajang kemesraan(berlebihan)sebelum nikah.Ada lagi yg paling culun: masih pacaran/belum nikah, tapi make nama belakang cowoknya. atau manggil mamah-papah/ayah-bunda/pipi-mimi dst. HOEK-DOBEL HOEK. Dan mereka; berkerudung.

Gw jadi inget waktu naik kereta sama M, ada rombongan anak sekolah muslim, semua remaja putrinya berkerudung, dan salah satu dari mereka (berlagak atau kelihatan) sakit dan lebih memilih bersandar dengan nyaman dalam pelukan seorang cowok -yg kayaknya pacarnya- disebelah kirinya daripada besandar ke sahabat perempuannya yg duduk disebelah kanannya. Maklum?, mungkin kerudungannya terpaksa. Dipikiran gw mereka seperti monyet, yg terpaksa berkerudung,tapi ga bisa menahan diri untuk tidak bertingkah seperti monyet.

Yah. Apapun yg mereka lakukan. Mereka tetep lebih baik dari gw, seengganya mereka berkerudung. Menaati perintah Kitab Suci.Berkerudung lebih baik daripada tidak berkerudung.

Dan seperti biasa semboyan gw: WHO AM I TO JUDGE??

sorry ngelantur, dari monyet ke kerudung

well,..let’s keep the monkeys to ourself but if it’s Alay, releaaaaaaaase the monkeys..

2 responses

  1. hahaha…what can I say..could’nt more agree… :))

  2. qeqeqe..ini bisa jadi 2 topik favorit gw..:D berkerudung dan tingkah alay.

comments here :

