Bocah Santun..

ah..ah.. kali ini gw mau mengedepankan kesotoyan gw..
walopun belom punya anak,..dan belom pernah mendidik anak, malem ini gw mau bahas tentang sikap anak2(dibawah10 tahun) yang kebanyakan gw lihat lebih banyak ga sopannya..

Bermula dari malem ini bertigaan sama mamoy&liph2 makan pizza di daerah Cikarang, dateng sekeluarga India dengan seorang anak perempuan, umurnya sekitar 6-7 tahun duduk dimeja persis sebelah meja kami. Posisi duduknya, gw dan ivy hadep2an, dan mamoy disebelah ivy. Nah keluarga India itu dimeja yang disebelah mamoy. Awal mereka dateng, kami ga ada yang ngeh, Ivy asik sama ponselnya dan ngga nyadar kalo tiba2 si anak perempuan itu udah diri disebelah ivy deket banget, berpegangan ke meja dan mandang penasaran ke ponsel Ivy. Nyokap yg pertama ngeh dan langsung nanya; “Hello, What’s your name??”. Si anak perempuan itu ngabur kembali ke mejanya. Ibunya ngeliat gw lalu tersenyum. Ibunya tipikal India yang elok, gw ga bilang cantik ya.. tapi yang pasti ngga jelek, hidungnya mancung, bertubuh tinggi, kulit kuning dan rambut panjang. Bokapnya yang rada horor. Tinggi besar, hitam dan berkumis. Anak perempuannya(untungnya)elok mirip sang ibu.

Nah, yg gw perhatiin dari si anak perempuan elok itu adalah tindak tanduknya yang (kalo bisa dibilang) serampangan. Hiperaktif ngegeratak. Dy sibuk ngebuka2in laci2 perkakas resto pizza itu dan ga bisa diam. Waktu ayahnya nyuruh dy minta Tabasco, dy ga minta, tapi sibuk nyari sendiri dengan ngintipin semua laci. Dan yang rada bikin gw teringat kalo mau bikin postingan tentang sopan santun anak Indonesia, adalah saat garlic bread mereka dateng, baru aja diletakkan didepan ayahnya, secepat kilat tangan mungilnya meraih sepotong. Ayahnya tersentak dan kayak ngomelin gitu(pake bahasa India), si nona kecil cuek dan Ibunya pun kayak ga peduli.

Nah, disitu gw berpikir, ternyata ga cuma anak2 Indonesia aja ya, yang krisis sopan santun.

Segitu krisisnya kah kesantunan anak2 Indonesia? ya, menurut gw. Kebanyakan anak2 yang gw temui sekilas bertemperamen kasar. cuek. Menangis jerit2 kalo ingin sesuatu. Berteriak. Memukul. Memaki. Dan Ibunya cuma seperti alarm otomatis, sekilas ngomel tapi ga sungguh2 menerapkan didikannya.
Dan di TV, gw pernah liat ada tayangan anak umur 3 tahun yang dikasih rokok sama ibunya soalnya kalo ga dikasih rokok anak itu akan nangis jerit2 ga berhenti. Ya ampun semoga gw ga diberi cobaan seberat itu.

Beberapa hari lalu, waktu makan siang, gw dan seorang rekan ngebahas soal sopan santun yang dia terapkan ke anak2nya(sepasang putri putra). Bermula dari gw yang kembali mengutarakan keterkesanan gw terhadap kesantunan putri sulungnya yang berumur 11 tahun.
Jadi setahun lalu(2009), waktu sang rekan mengalami musibah kecelakaan motor dan kondisinya saat itu payah banget, setelah pamitan pulang, gw menghampiri putri kecilnya, yang dalam kondisi sedih, khawatir & menangis terisak dipelukan tantenya, gw mengusap punggungnya dan bilang “yang tabah ya, zahra.. Mudah2an Ibu cepet sembuh ya..” tanpa mengharapkan jawaban. Gila aja gw mengharap respon dari anak umur 10 taun yang lagi kalut. Dan ternyata, Zahra mengejutkan gw, disela isak tangisnya, sesenggukan susah payah dy merespon; “I..iya..tanthe.mb..mhwakhasshh..hh..yaaa..”. GILA. Gw bengong. Speechless. Langsung gw sambung; “Errr..iya sama2..Tante pulang duluan yaa..” dy angguk, kembali nyahut makasih. Dan sungguh, gw terkesan.

Sahabat SMA gw juga punya putri kecil yang mempesona. Kei namanya. Sebagai ibu muda, sahabat gw sungguh bikin gw terkesan atas tindak tanduk putrinya yang supersantun. Sebagai pribadi yang dikenal kocak, lucu, konyol dan jauh dari anggun(piss yo, Lan..), sahabat gw yang satu ini udah sukses memiliki putri kecil yang mengagumkan.

Pastinya ga cuma Kei&Zahra aja yang bikin gw mencatat dalam hati untuk pola acuan contoh dalam mendidik anak(anak) gw nantinya. Ada beberapa putra-putri muda lainnya yang juga bikin gw tertarik untuk mewawancarai Ibunya lebih lanjut..:D

Tapi yang pasti, dikepala(&hati) gw udah daftar rumusan hal2 sepele/sederhana yang TIDAK BOLEH dilakukan oleh anak(anak) gw, diantaranya adalah:
1. Naik2 ke kursi, nginjek2 bantal untuk kepala
2. Naikin kaki ke atas meja, atau ke dashboard mobil kalo duduk didepan. Percayalah, kaki menjuntai kebawah ga akan bikin kaki anak anda sakit atau bermasalah.(Oh ya, gw benci banget kalo liat ada anak kecil dipangku didepan trus kakinya sengaja disetting di atas dashboard.)
3. Jerit2/teriak2
4. Tidak mendengar/menyahut.
5. Melempar barang
bla..bla..bla..

Seorang rekan sempet ngeluhin sikap ponakan2nya, yang kayaknya masa bodo banget. Waktu bertamu ke rumah sepupunya,diajak masuk ke ruang nonton tv dimana anak2 laki si sepupu yang berusia 5&6 tahun lagi asyik nonton TV, ngampar,tiduran tak berbaju.
“Jangankan salaman, ngelirik aja ngga..,dan orang tuanya ga mengajarkan mereka untuk bangun, duduk dan memberi salam.” curhat sang rekan.

Bukannya gila hormat, tapi sungguh, nyokap gw pun mendidik gw untuk selalu salam saat bertamu atau ditamui sama orang tua. Dan pola pikir untuk selalu menghormati(dalam artian bersikap santun kepada)orang yang lebih tua.

Mudah2an, ga ada pihak yg tersentil atau tersinggung, gw sama sekali ga maksud nyentil siapapun, ini murni buat kajian dan pelajaran gw sendiri. Gw pribadi sadar, jadi orang tua dan mendidik anak itu bukan suatu hal yang mudah, dan program gw pun nantinya belum tentu berhasil. Gw cuma berharap, orang2 yang mengenal gw, menganggap orang tua gw, khususnya nyokap, adalah orang tua yang berhasil mendidik anak2nya.

——————————————————————————————————-
Kalo liat uchuy, gw rasanya rada gagal nih jadi orang tua…XD

2 responses

  1. amin.. bener,itu semua tergantung sama orang tuanya, alhamdulillah orang tua gw termasuk orang tua yang sampe saat ini masih gw rasain efek didikan beliau..that’s why gw selalu pengen jadi ibu yang total ngerawat dan ngedidik anak-anaknya…amin! amin!😀

  2. iya,kadang dalihnya,biarin aja, maklum.. namanya juga anak kecill..padahal justru harusnya dari kecil dididik untuk terbiasa sopan..
    gw juga berharap bisa jadi full time mom..:D..
    Amen to us!😀

comments here :

