[APV]Me-wudhu-kan Kuteks

[APV] : Another Point of View

Sejak kecil, gw terdoktrin bahwa berwudhu pake kutek itu ga sah. Ga boleh.

Dan besar dengan mengenal ada agama lain selain Islam, bikin gw jadi tukang tanya, ibaratnya, dari kecil gw selalu banding2in agama gw dengan agama lain. Alhamdulillah, nyokap selalu sabar menjawab sampe ke pertanyaan2 nyinyir sekalipun. Walaupun saklek boleh/nggaknya, penjelasan beliau logis banget.

Nah, sekarang dengan adanya jejaring sosial twitter, dengan mudahnya gw menangkap opini2 dari orang2 yang cara berpikirnya ‘agak’ diluar jangkauan. Kadang keluar dari jalur lama. Salah satunya yang gw anggap menarik banget yaitu Ulil Abshar Abdalla.  Menurut bio-nya di akun Twitter, beliau adalah : “Muslim activist, co-founder of Liberal Islam Network, member of Nahdlatul Ulama, Partai Demokrat, lover of books, movies, jokes, doughnut, and Luna Maya :)”

Tweet2nya sering mengusik cara berpikir dan cara pandang. Ga jarang beliau diketusin bahkan dianggap sesat karena pendapat2nya yang beda dari pemahaman mayoritas orang(muslim). Dari dianggap ngacak2 Al Quran, sampai menjungkirbalikan Hadits dan Hukum Islam.

Nah, kemarin, beliau ngetweet soal pendapatnya mengenai kuteks dan berwudhu. Tau kan kuteks? Pewarna kuku, sifatnya kental yang melapisi kuku perempuan dan menutup kuku tanpa meresap. Dan tau kan wudhu?  Kalo ga tau, google aja sanah! :-p

Nah, berikut, 1 sampai 21 plus @, itu merupakan tulisan bung om ulil mengenai Kuteks dan Berwudhu yang dicopy-paste dari akun Twitter-nya ya..

1. Seperti yg saya janjikan semalam, pagi ini saya mau twit sebentar mengenai masalah sederhana yg sering ditanyakan ke saya: #kutex on 10:07 AM Oct 26th via ÜberTwitter

2. Pertanyaannya adalah: apakah kutex menghalangi wudu sehingga membuat wudu tidak sah? #kutex on 10:10 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 3. Yg menarik, tata cara wudu dijelaskan dg detil dlm Al-Maidah (5):6. Sementara tata cara salat sama sekali tak ada di Quran. #kutex on 10:14 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 4. Tata cara wudu spt disebutkan di Quran: membasuh muka dg air, membasuh 2 tangan hingga siku, mengusap kepala, membasuh 2 kaki. #kutex on 10:15 AM Oct 26th via ÜberTwitter   

5. Dlm ayat 5:6 tadi, disebutkan, jika wudu, hrs membasuh kedua tangan dg air hingga siku. Jg membasuh kedua kaki hingga mata kaki. #kutex on 10:20 AM Oct 26th via ÜberTwitter

6. Pertanyaannya: bagaimana jika di jari2 kita terdapat kutex, apakah menghalangi wudu atau tidak? Apakah wudunya sah? #kutex on 10:59 AM Oct 26th via ÜberTwitter   

 7. Terhadap pertanyaan tadi, baik di Quran atau hadis (sepengetahuan saya) tak ada jawabannya. #kutex on 11:03 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 8. Dalam Quran, juga hadis, tak ada keterangan bahwa air wudu harus menyentuh seluruh kulit tangan. #kutex on 11:04 AM Oct 26th via ÜberTwitter   

 9. Dalam ayat tadi, disebutkan kita harus membasuh kepala saat wudu. Dlm hadis riwayat Bukhari, Nabi pernah tak basuh kepala. #kutex on 11:05 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 10. Dlm hadis itu, Nabi membasuh sorban penutup kepala, jd bukan kepala beliau langsung. #kutex on 11:05 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 11. Anggapan bhw kita hrs menyentuhkan air ke seluruh kulit tangan, sehingga kalau ada kutex, wudu tak sah, itu hasil ijtihad ulama. #kutex on 11:06 AM Oct 26th via ÜberTwitter   

 12. Jadi, soal kutex yg membuat wudu tak sah, itu tidak berasal dari Quran atau hadis, tp dari ijtihad ulama. #kutex on 11:06 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 13. Dalam pandangan saya, wudu tetap sah walau di jari2 kita ada kutex. Sbb, kutex hanya menutup sebagian kecil dr tangan. #kutex on 11:08 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 14. Lain soal kalau seluruh tangan kita tertutup oleh cat tebal, nah itu baru halangi air wudu. Jika hanya kutex saja, tak masalah. #kutex on 11:09 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 15. Bagaimana dg tatoo, apa menghalangi air wudu? Menurut saya tidak, sbb cat tatoo masuk menjadi satu dg kulit. #kutex on 11:09 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 16. Baik tatoo dan kutex adalah bagian dari menghias tubuh untuk mencari efek keindahan, tajammul. #kutex on 11:10 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 17. Tajammul atau bersolek adalah hal yg mubah, dibolehkan dlm agama. Asal dilakukan dlm batas2 yg wajar dan pantas. #kutex on 11:11 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 18. Memang ada hadis yg melarang tatoo untuk perempuan (al-wasyimat). Tp saya punya tafsiran lain atas hadis ini. #kutex on 11:11 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 19. Soal penafsiran saya atas hadis tatoo itu, akan saya bahas di lain kesempatan saja. Kali ini saya hanya bahas soal wudu dan #kutex. on 11:11 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 20. Jadi, kesimpulannya: kutex tidak membuat wudu kita tak sah. Yg pakai kutex, silahkan berwudu, tak harus mengelupasnya dulu. #kutex on 11:12 AM Oct 26th via ÜberTwitter

 21. Soal kutex ini sebetulnya tak terlalu penting. Tp krn sering ditanya, saya coba respon. #kutex on 1,288,066,369,000.00 via ÜberTwitter

@ihendarto saya tak menyampaikan fatwa, hanya pendapat saja🙂 via Twitter for BlackBerry® in reply to ihendarto

=====================================================

Tuuuuuuuuuhhh… mungkin bisa jadi pertimbangan buat perempuan yang suka/hobi pake kuteks tapi merasa terkekang dengan larangan yg sekarang ada..

Kalo gw pribadi sih, tetep kurang sreg rasanya kalo Wudhu dengan kuku tertutup kuteks..:D Rasanya, masih ada bagian kecil yang belum disucikan.. Hehe..

Tapi bagaimanapun, gw sangat menghargai dan tidak menyalahkan pendapat yang beda ini. Biar gimanapun, Ibadah adalah urusan pribadi kita dengan Tuhan. Jalani aja yang diyakini.

Jadi balik ke hati masing2 aja..😀 Bukan tidak mungkin, sapa tau di suatu keadaan nanti, saat gw lagi mood pake kuteks dan lagi dalam keadaan wajib shalat, gw ga akan ragu buat wudhu dan sholat, karena pada dasarnya, Ibadah adalah hubungan pribadi masing2 manusia dengan Tuhan.

Pisahin antara hal yang bisa dicampuri, yaitu Habluminannaas, dan yang tidak bisa dicampuri, yaitu Habluminallah.

Yang penting, jalani dengan ketulusan dan berdasarkan cinta..🙂

Ga usah marah2 sama yang beda.

2 responses

  1. wew..very precious info chez! sebetulnya gw ga pernah terlibat dilema kutek karena gw emang ga suka pake cat kuku,tapi gw salut ada yang berani berpendapat beda,gw sih sama kaya pendapat lo emang kadang kurang sreg kalo ada bagian yang belum tersucikan waktu wudhu,tapi untuk sekedar masukan boleh juga pendapat ini😀

    1. Iye,.. sampe dikatain sesat dan kebablasan loh beliau ini…
      gw pikir sih, ini kan cuma pendapat, ibaratnya, bukan sesuatu yang harus diikuti. Bahkan, yang namanya fatwa pun ga wajib diikuti koq–mengutip beliau lagi–, cuma membantu membuat keputusan.
      Soal yang mana yang terbaik, dikembalikan kepada penggunanya masing2..:D
      hahah..jadi sotoy deh gue..
      soal kuteks, gw suka pake kuteks, seringnya pas dapet.. tapi terakhir make penghapus kuteks, jadinya kuku gw rusak..:( disetop dulu deh..:( sebel proses ngapusnya!

comments here :

