[IMO]2 Iklan terburuk 2010 versi Chei

Ngomongin iklan-iklan yang bersliweran di TV emang ga ada habisnya..

walopun jam TV gw itu sehabis magrib, cukup banyak iklan2 yang gw lihat, dan beberapa diantaranya tuh ganggu bangettt.. Menimbulkan kerutan didahi, muka jijik, sampai cetusan IH. Bukan lagi ucapan yang diulang2, bukan lagi gaya aneh yang ditampilkan, tapi lebih ke ide dasarnya. Baik dari segi cerita, maupun kalimat2 yang ditampilkan.

Uhm, sebelumnya iklan2 pemutih kulit, penghilang noda wajah dan lingkaran bawah mata itu udah masuk blacklist gw yaps.. itu sih beyond disgusting deh.. Benci gw dengan doktrin iklan2 tersebut: bahwa yang putih lebih cantik dan menarik. Totally bangke.

Dari iklan dengan merk paling familiar diantara remaja, berikut iklan yang beneran bikin gw muak. Dari segi penggambaran ide ceritanya. Bisa dibilang, Iklan dengan visualisasi tertolol 2010 versi Cheisa. hehe..

1. Iklan REXONA versi ban kempes

Ide ceritanya:

2 cewek bermobil mengalami ban kempes, trus si pengemudi cewek turun dan melambai2kan tangannya minta bantuan mobil2 yang lewat,ngangkat tangan tinggi2, ga ada yang berhenti.

Waah! Ban kempes!!

Tince dan Lince pun bingung! "Gimana nih?" Kata Lince. "Kamu aja yang cari bantuan, kan baju kamuh lebih seksih.." Kata Tince.

"Aduuuh,..kagak ade nyang brenti..udah capek ngangkat2 tangan nih gue.."

kemudian temennya yang yang make semacam coat lengan pendek turun, merobek lengannya sehingga ketiaknya keliatan, trus dia ngangkat2 tangannya buat minta tolong, mamerin ketiaknya yang putih bersih,

"Payah si Lince.. udah lah,..robek aja ni baju.. biar bisa mamerin ketek gue yang lebih putih.."

"ketek lo sih, kurang putih.." kata tince

tiba2 hampir berderet2 mobil2 yang dikendarai cowok2 (yang ceritanya) ganteng pada berhenti dan mereka semua kerjasama buat ngeganti ban mobil cewek2 tersebut.

"Ketek putih..ketek putih.. ayo bantuin!!"

"Jiah,..maen cabut aje.. lumayan ban kempes juga ni bisa dijual bagi berenem ye.." Kata si cowok yang duduk diatas ban.

Wiiihuuuu…. kedua cewek pun melanjutkan perjalanan dengan gembira..

Hore! senengnya..untung ketek gue putih!!

Seriously, people??!!

Haruskah mamerin ketek atau bagian tubuh tertentu DEMI dapetin bantuan? Sebut gw berlebihan, iklan memang bukan untuk mendidik. Tapi gak seharusnya juga jadi menjerumuskan.  Just totally hate this ad.

2. Iklan Biore versi berubah

Yups, pertama ditampilin figur gadis remaja manis berpenampilan kasual dan biasa, berambut panjang, berkacamata. Yang kayaknya lagi bete dan boring entah kenapa. Penampilan, mungkin?

Jadi dia coba buat make over sendiri.. Gunting poni semaunya, dan coba2 koleksi bajunya sendiri.

Masih ngerasa kurang sreg, dia mandi pake sabun wangi itu, dan voila! Teenage slut appear!

___

Penting banget ya jadi pusat perhatian dan mamerin segitu banyak kulit??? Apa gaya nerd dan rambut panjang itu selalu identik dengan boring dan kurang cantik? Dan tulisan “it’s me” saat dia pake mini tube dress dijalanan itu, malah nunjukin aslinya dia adalah gaya teenage slut.

Dia kan cuma mau nongkrong ma temen2ceweknya, dijalanan pula!

Dan liat lagi deh baju2 temen2nya aja gak murahan begitu.. Jadi, apakah tujuannya untuk menginspirasi para cewek2 supaya merubah gaya tomboi smartnya jadi gaya feminim murahan begini?? Sangat disayangkan, menurut gw.

Sedikit terbuka itu bisa dibilang seksi. Tapi atas bawah-depan blakang terbuka, itu slutty. Murahan. Gw referensiin lagu Nasty Girl oleh Destiny’s Child saat lagi mau coba milih2 dan make baju seksi.

Setelah hotpants dipake dimana2, gw harap ga ngeliat tube top dipake dimana2..

===============================================================================

Well, gw bukan orang iklan, cuma awam yang menilai dengan emosi dan ketidak-sukaan terhadap kampanye dukungan buka2an.Buka2an itu pilihan sesekali, bukan untuk dikampanyekan.

Iklan sejatinya untuk membentuk pemikiran. Dan iklan, berperan sangat besar dalam membentuk gaya hidup pemerhatinya.

Bikin iklan memang gak gampang, dan gw adalah orang yang waspada cenderung berprasangka terhadap media/iklan.

Maaf ya kalo ada yang tersinggung, ini cuma opini dangkal dari seseorang yang gak mengerti advertising dan urusan keseksian.

So, what is your worse commercial 2010?😀

3 responses

  1. huahahahaha..MORE! MORE! MORE!😀

    kalo gw sih buaaanyaakk..tapi emang yang paling bikin gemes tuh kalo udah lihat iklan kosmetik terutama yang target pasarnya remaja,padahal orang-orang iklan yang lebih cerdas mestinya sadar kalo mereka punya kesempatan untuk menjual sekaligus mendidik lewat karya yang mereka buat.. bukankah banyak yang bilang seksi itu tidak berarti harus tampil buka-bukaan? kenapa mereka ga menyampaikan konsep seksi itu pintar tanpa harus tampil slutty?

    omy..omy…

    1. gw pada dasarnya mengaggumi pekerja(dalam hal ini pencipta) iklan. Seperti penghipnotis yang ahli membentuk cara berpikir orang lain, dalam waktu sesingkat mungkin.
      Udah hopeless deh kalo ngomongin iklan kosmetik dengan target ababil (abegelabil).. Dengan mudahnya menyebar pemahaman kalo semua yang dilakukan, adalah untuk menarik lawan jenis…
      geez, it’s all that matter?
      Dalam hal ini, iklan Biore diatas menang karena tidak melibatkan lawan jenis..

  2. lintangrinastiti | Reply

    stuju..hmm, iklan dibuat untuk menyesatkan orang, hee.. >_<

comments here :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: