Si tante Judes

lagi2 tulisan sotoy…

Gw belum punya anak dan sangat sadar betapa sulitnya menjadi orangtua dijaman sekarang ini.

Buat yg udah punya balita atau anak2 mendekati 7-8 taun, mungkin tulisan gw akan sangat super sok tau. Dan sumpah deh, keluh kesah gw disini juga buat ngingetin diri sendiri supaya mendidik anak gw nanti sebaik mungkin.

pagi ini baca timeline penulis novel Clara Ng di Twitter (copa dibagian bawah) bikin inget sama beberapa hal yang gw alami beberapa hari terakhir ini. Yang ditulis sih simpel, cuma soal ketidakteraturan anak2 waktu main perosotan, Dan Clara ngeliat seorang dewasa lagi negur anak2 itu dimana biasanya dia yang menegur anak2 itu..🙂

Dan gw, adalah orang yang tampaknya menjadi orang judes bagi anak2 yang agaknya diabaikan orang tuanya.

Pernah ga sih ke mini-mart, semcam Alfa/Indomart yang pintu dorongnya lagi digelayuti dan dimain2in sama anak kecil? Dibuka ditutup, dipegang2 belahan pintunya atau nyender aja gitu dipintu masuknya?  Gw adalah tipe orang yang langsung menegur dengan suara tegas: “Ey,.. Jangan mainin pintu. Nanti kejepit.” atau saat ngalangin pintu; “Permisi, jangan disini ya, nanti ketabrak orang masuk..”

Di kesempatan lain, anak umur sekitar 7-8 taun, bersepatu roda didalam Mall sendirian (entah dimana keluarganya) tiba2 meluncur ke arah gw dengan posisi kepala menengok ke belakang, gw bisa aja menghindar ke kiri, nabrak atau bersembunyi dibelakang suami gw, atau melompat kekanan menempel ke tiang penyangga. Tapi reflek gw terdiam, dan buk! menangkap bahu anak itu sebelum dia bener2 nabrak gw  dan gw bilang tepat didepannya: ” HEY JANGAN MELENG” Lalu gw lepas lagi. kejadian itu kurang dari semenit, paling 7 detik. Dia tampak kaget, tetap melaju agak nengok mo ngeliat gw tapi kayanya langsung sadar dan kembali terfokus sama jalanan didepannya. Semoga shock theraphy dari gw sukses bikin tu anak ga meleng2 lagi..

Dan sumpah ya, saat ngeliat anak kecil yang lari2an didalam masjid nginjek2 sajadah orang lain. AAAAAAAARRRRHHHH… paling bikin gw tersiksa karena ga bisa berbuat apa2. Berantem sama ortunya didalam mesjid adalah hal terakhir yg akan gw lakukan. Kenapa yakin aja? Secara, kalo orang tuanya bener, mereka ga akan biarin anak2 mereka lari2an kejar2an dalam mesjid nginjek2 sajadah orang lain berapapun umurnya. Mau 4 taun, mau 5 taun, mau 6-7-8- taun.. MAIN, DILUARRR!!!!

Begitu juga sama ponakan2 kecil gw,.. bukan berarti nggak sayang. justru karena gw sayang dan gw pengen mereka bersikap sopan dan belajar sama yang namanya sebab akibat makanya suka tegas. Walopun gw juga sadar, kalo cuma gw sendiri yang jalanin, hal ini ga bakal berhasil.

===============================================================================================

Ini copy-paste Timeline Clara Ng, gw edit seperlunya untuk inti2nya saja dan tanpa penambahan apa2. Ada RTan terakhir yg jadi favorit gw..

»

Clara Ng  clara_ngClara Ng

 » Kekacauan lalu lintas prosotan yg tdk dipedulikan orng dewasa, akan berpindah ke jalan raya saat anak2 tersebut mendpt SIM-nya.»  Hal sepele dan remeh (spt main prosotan) jika dibiarkan, akan berkembang menjadi ketidakpatuhan pada aturan/disiplin yg lbh kompleks.

» Anak2 belajar disiplin, patuh pd aturan sejak kecil, dr rumah/sekolah. Jk di playground sekolah sj tdk peduli aturan, bgmn dgn aturan lain?
» Bermain prosotan tnp aturan (turun/naik tnp tangga) bs mengakibatkan kecelakaan. Anak yg mau turun menendang yg naik, dan sebaliknya.
»  Jd siapa bilang kerusakan, korupsi, kekacauan pd aturan muncul bgt saja pd org dewasa? Hal ini sdh ditanamkan sjk anak2 Indonesia msh pitik

» Aku prnh liat anak umr 3 thn yg tertabrak dgn anak umur 5 thn krn ketidakpatuhan aturan ini. Kasian si batita itu. Eh, kasian? Dia yg salah!

» disiplin pny peranan penting, mencegah hal2 yg lbh bsr, spt kecelakaan. Disiplin jg mengajarkan sense of belonging.
» eksplorasi pengembangan diri bs dicapai dgn melakukan kreativitas dan keberanian (contoh: sportivitas). Tp aturan ttp hrs ada.

» Saat berebutan naik/turun lwt perosotan, apa yg terjadi? Macet di tengah! Akhirnya tidak ada yg bs menikmati prosotan.

» Saat berebutan naik/turun lwt prosotan, apa yg trjd? Yg besar (usia/fisik) menang drpd yg lbh kecil! Itukah moral yg kita ajarkan u/ anak2?

» Saat berebutan naik/turun lwt prosotan, apa yg terjadi? Yg karakternya lembut dilibas trs sama anak2 yg aktif dan agresif. Inikah persamaan?

» Jd marilah orangtua dan kaum dewasa, pls kl melihat anak2 rebutan turun/naik lwt prosotan, ajarkan mrk bhw naik lwt prosotan itu Wrong Way.
» Hal kecil spt ini smg bs berkembang menjadi taat aturan pd hal2 yg bertahap lbh besar. Tp ajarkan pada anak2 kita dgn pola asuh yg tepat.
» Pagi2 berbicara soal prosotan krn aku melihat seorng dewasa yg melarang anak co 5 thn naik lewat prosotan, bkn tangga. Krn biasanya itu aku!

» Yg sring kuliat adlh ketidakpedulian orng dewasa/orangtua bhk ktk meliat anak2nya melibas anak2 yg lbh kecil/lemah lwt rebutn naik prosotan.

RT @LVCBV: @clara_ng Seringkali orgtua terbiasa ‘memaklumi’ karena toh mereka msh anak-anak. Pola itu akan melekat dan terbawa terus.

================================================================================================

Setuju banget sama kalimat terakhir…

Pernah gak sih negur anak2 yang kalian ga kenal? atau cuma gw aja ya yang rempoong??

 

2 responses

  1. huaaaaa…!!!! jeritan hati gw bangeeeetttt…!!!!
    gw setuju bangeeeetttt….that’s what exactly I wanna says setiap kali lihat anak-anak yang nggak sopan dan kaya ga punya aturan di tempat umum… gw nggak benci anak-anak itu, gw justru kasihan terutama lihat orangtuanya malah ketawa-ketawa!!

    pakem kedisiplinan mereka mestinya dateng dari orangtuanya sendiri, dan gw sangat nggak setuju dengan konsep “biarkan mereka melakukan apa saja, dengan begitu mereka akan belajar” yang seringnya malah diartikan…ya udah, lakuin lah yang lo mau..nggak gitu juga kali!

    gw juga bisa dibilang judes sama keponakan-keponakan gw daripada emaknya, karena masa-masa seumuran mereka (terutama usia TK) itu paling diinget, betul banget..bukan karena gw benci tapi karena gw pengen mereka tumbuh dengan tahu aturan sejak kecil..

    1. Eimbeeerrr… Sebagai assistant in research of human development department, menurut gw, seharusnya semua perempuan jadi pakem dalam mendidik..

      Gw cengo ngeliat anak perempuan itu diperlakukan bagai tuan putri bersikap semaunya dan dibiarkan/dibiasakan tidak berbagi.

      Ah ya, gw sendiri gak sempurna. Gw ketus, sinis dan keras.. Ahhayyy!!

comments here :

