Etika itu diturunkan, bukan keturunan

Aduh duh duh.. sok beretika banget sih gw… hahahahaha…. Loh biarin dong, yg membedakan derajat antar manusia kan kelakuannyahh.. yagaktagakyagak???

Ah well,… here it is!

===============================================================================

“CARI TEMPAT SAMPAH. Buang sampahnya di tempat sampah.” Beliau selalu bilang setelah mempreteli bungkus jajanan ataupun ketika ciki sudah habis.

“PUNGUT. Masukin yang bener.” Beliau katakan ini saat saya malas beranjak mendekati tempat sampah, dan melempar sampahnya ke tong sampah dari jarak 3 langkah ala pemain basket yang memasukkan bola ke ring.

“Simpan dikantong yang rapih, nanti kalo ketemu tempat sampah, masukkan.” Beliau menjejalkan sampah sisa bungkus permen atau lipatan rapih bungkus bekas ciki atau bahkan bungkus sisa es krim kekantung saya saat saya laporan kalo gak ada tempat sampah dalam jarak pandang kami.

“BUANG KE GOT” saya pun tergopoh2 cari got terdekat untuk buang sisa permen karet. Lupa menyimpan bungkus awalnya untuk membungkus sisa permen karet. “Makanya, kalo makan permen karet bungkusnya jangan dibuang dulu.”

“emang kenapa sih ma ga dibuang aja ke tong sampah?” protes saya.

“Kalo masukinnya bener, nanti kalo ga sengaja nempel didinding tempat sampahnya gimana? JOROK. Kasian tukang sampahnya bersihin sisa tempelan bekas mulut kamu.IH”

CIUM TANGAN. Kalo bertemu orang yang lebih tua.

JANGAN NAIK2 BERDIRI DI ATAS KURSI/BANGKU/SOFA. Ssyiuuuuuuuuttt. CUbitan keras mendarat dipaha saya saat mengabaikan ucapan itu. Berakhir dengan saya duduk sesenggukan nahan sakit. hihihi

======================================================================================

Rempong?

Iyah, soal sikap, nyokap gw emang super rempong.

Ga ada cerita yah gw ngambek guling2an minta barang/maenan, jejeritan saat dimarahin, melawan saat dinasihati, dan PELIT.

Gw sungguh bukan malaikat kecil. Gw melawan, nakal, egois, pendendam dan gw berbagi karena terpaksa atau dibawah ancaman nyokap. Gw mengingat tiap orang yang nyakitin hati gw. Om2 yang mencubit pipi gw keras2 sambil pura2 berkata ‘lucuu’, gw tau bedanya cubitan gemas sama cubitan yang buat nyakitin. Sepupu2 yang ngata2in gw kribo kribo kribo. Sampai perkataan salah satu Om bahwa bokap gw ga pulang2 karena anaknya kribo. Gw inget itu semua.

Dan gw sering dipukul, dicubit dan ditampar. Gw sering diancam. Gw sering merasa menderita waktu kecil. Dan gw bersumpah gw bersyukur karenanya. Gw sangat2 bersyukur nyokap mendidik gw dengan keras. Sebaik2nya nyokap. Bikin gw menjunjung tinggi etika. Bikin gw terbiasa berbagi. Menunjukkan segala kebaikan yang didapat karena gw berbagi dan ga pamrih.. Nyokap mencontohkan. Sekali lagi, bikin gw terbiasa.

Nyokap juga selalu ngajarin, untuk berani membalas saat dipukul..😄 Daripada gw nangis, lebih baik gw membalas langsung saat itu juga dan dengan porsi yang sama.Atau kalo takut, kabur ajah, biar nanti orang lain yang membalaskan. Walaupun bukan dari kita, semua kejahatan pasti ada hukumannya.

Kalo dikatain? Nyokap bilang: jangan marah! Buangmuka aja dan angkat dagu tinggi2. Ngga usah dibalas dan abaikan. Mengabaikan hinaan adalah pembalasan terbaik yang bisa kmu lakukan terhadap orang yang menghina. Kalo balas menghina berarti menyamakan diri kita dengan si penghina itu.

Kalo ngadepin orang pelit??? BERMURAHHATILAH. Katanya.  Bales pelit cuma nutup pintu rezeki kita sendiri..

Hahayyy… Panjang yah racauan gw kali ini…

Intinya, Etika itu diturunkan, bukan keturunan!!!

*lagian sapa juga yang bilang keturunan?? #sotoy

comments here :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: