Mual bukan pilihan

Ada yang bilang ke gw kalo mual saat hamil itu hanya sugesti, pengaruh pikiran alam bawah sadar dan bisa dikontrol untuk tidak dirasakan. Rileks aja, katanya.

NGGA. Dengan tegas gw menyangkal. Gw tidak memilih untuk mual. Gw tidak bisa memilih waktu kapan gw mual dengan normal atau kapan mual gw tak tertahankan.

Dan gw heran kalo sampe referensi paragraf pertama tadi datengnya dari dokter.  Entah dokter apa itu. Dokter laki pun harusnya tau walo ngga pernah hamil dan ngerasain ada benda asing berkembang dan tumbuh diperutnya mendesak lambung (dan organ lainnya) menyebabkan rasa tidak nyaman dan naiknya asam lambung, ITU sebab mual. Jadi jangan pernah bilang mual itu sugesti dan bisa dikontrol untuk tidak dirasakan.

Gw bersyukur, punya suami yang gak berpikiran negatif. Serewel2nya gw, ngga pernah sekalipun M nuduh gw ngeluh dibuat2 atau dibikin2 untuk keleluasaan atau kelonggaran kewajiban perempuan yang lagi hamil.

Bahkan karena khawatir, M sempet minta gw bikin surat dokter untuk izin 3 hari, gara2 sempet gw ngeluh sakit tiap abis pulang kantor.

Cuma kata bidan; Sakit dan mual itu wajar, selama ngga ada flek. Ngga berbahaya dan belum perlu bedrest.  Jadi karena aman2 aja, gw juga jadi ngga khawatir lagi dan memutuskan untuk ngga jadi minta surat izin.

Yang penting, jangan diforsir, kalo emang merasa lelah, istirahatlah. Dikantor tiba2 capek, istirahat dari depan komputer sebentar. Sekitar setengah jam. Insya Allah nanti baik lagi. Kecuali kalo sakit tak tertahankan, sebaiknya dibawa berbaring. Kalo flek, harus langsung ke dokter.

Sayangnya masih ada aja orang yang berpikiran negatif. Dianggapnya kondisi hamil dipake untuk alasan bermalas2an.

Kontrol mual bisa, tapi kadang berhasil kadang juga ngga. ADa yang bilang minum air jahe. Iya, gw minum koq air jahe. Gw suka air jahe. Cuma ngga selalu berhasil. Mual2 hebat cuma bisa diatasi dengan cara berbaring. Ngatur nafas, lalu TIDUR. Dan tolong dicatet, tiap orang beda2. Beberapa cara berhasil untuk gw, tapi mungkin juga ngga berhasil untuk orang lain.

Intinya jangan menyamaratakan semua kondisi. Ada yang melewati hamil tanpa mual, ada juga yang mual2 sampai ngga bisa makan. Kondisi mual itupun wajarnya akan berlangsung sampai usia kehamilan 4 bulan. Tapi ada juga yang sampai 6-8 bulan.  Tergantung masing2 orangnya.

Ga habis pikir saat ada orang yang menyatakan mual saat hamil itu sugesti. Cuma bisa ngedoain mudah2an mualnya gw pindah ke yang berburuk sangka ituhhhh… hwehehehe>>>

comments here :

