[TRANSLATE TIPS]Mengenalkan bayi baru kepada anjing peliharaan

Anjing peliharaan akan sangat selaras dengan pemiliknya, maka dalam momen luar biasa seperti kehamilan, anjing anda akan sudah merasakan bahwa ada sesuatu yang akan terjadi. Tapi hanya karena ia dapat mulai merasakan perubahan suasana, bukan berarti ia mengerti apa yang akan terjadi.

Berikut beberapa tips untuk menyiapkan anjing anda untuk menyambut sang pendatang baru.

Fokus pada kepemimpinan. 9 bulan merupakan waktu yang lebih dari cukup untuk mengatasi masalah2 umum dan menyiapkan diri anda sebagai pemimpin (pack leader) yang teguh. Hilangkan semua masalah2 kecil dan sepele yang mungkin anda miliki. Hilangkan kebiasaan anjing yang tidak diinginkan. Jika diperlukan, sewa pelatih professional untuk bekerja dengan anda. Anda akan mensyukuri segala usaha dan pekerjaan yang anda sudah lakukan saat anda membawa pulang bayi baru anda ke rumah dengan anjing yang tenang dan berprilaku baik.

Waspadai energy anda sendiri. Kehamilan mempengaruhi keseluruhan rumah tangga. Anda mungkin merasa bersemangat, cemas atau khawatir. Ingat, anjing anda akan merefleksikan emosi anda.

Tegaskan aroma bayi anda. Bawa benda yang beraroma bayi anda seperti baju bekas pakainya, lap liur atau bib dari rumah sakit sebelum membawa bayi anda pulang. Saat latihan ini, adalah sangat penting untuk membuat batasan. Perintahkan anjing anda untuk mengendus dalam jarak tertentu sementara anda memegang benda tersebut. Dengan melakukan ini, anda mengkomunikasikan kepada anjing anda bahwa benda tersebut adalah milik anda dan mengizinkan si anjing untuk mengendus. “Benda ini milikku, dan kamu harus mengikuti peraturanku saat disekitarnya” Hal ini akan membantu proses membentuk rasa hormat kepada sang bayi.

Buat batasan disekitar ruang bayi. Saya menganjurkan untuk memulai dengan ruang bayi terlarang. Kondisikan anjing anda untuk mengerti bahwa terdapat batasan yang tidak terlihat yang tidak boleh dilanggar tanpa izin anda. Pada akhirnya anda bisa mengizinkan anjing anda untuk menjelajah dan mengendus beberapa hal dalam ruangan dengan pengawasan anda. Kemudian anda tentukan kapan ia harus keluar/pergi. Ulangi kegiatan ini beberapa kali sebelum sang bayi tiba. Hal ini akan membuat anjing anda mengerti bahwa ruangan tersebut milik pimpinan (pack leader) dan harus dihormati setiap saat.

Kuasai saat perkenalan. Mulai dengan mengajak anjing anda berjalan2 cukup lama. Buat ia menghabiskan energinya. Sebelum kembali, tunggu di depan rumah, pastikan anjing anda dalam kondisi tenang dan patuh sebelum mengajaknya masuk. Saat masuk rumah, anjing anda akan segera mngetahui bahwa ada aroma baru di dalam rumah. Jika sebelumnya aroma tersebut sudah diperkenalkan, hal tersebut akan lebih mudah dan familiar. Orang tua yang memegang bayi, ibu atau ayah, harus benar-benar dalam kondisi tenang dan tegas. Anjing harus diizinkan untuk mengendus bayi, tapi dalam jarak tertentu(jarak aman). Saat pertemuan pertama ini, jangan membawa bayi terlalu dekat ke anjing. Pada akhirnya, anjing bisa diperbolehkan untuk makin dekat dengan si bayi. Dengan begini, anda mengajarkan anjing untuk menghormati bayi sebagai salah satu pimpinan.

Ajari bayi anda. Saat anak anda dalam fase menjelajah, adalah sangat penting untuk mengawasi seluruh interaksinya dengan anjing anda. Ini merupakan kesempatan yang bagus sekali untuk mengajarkan anak anda untuk tidak mengganggu anjing, menarik ekornya, dsb. Pelajaran2 untuk saling menghormati semacam ini sebaiknya dimulai secepatnya. Terlalu banyak anak2 yang secara tidak sengaja memancing/memprovokasi anjing yang tenang, hanya karena mereka tidak diawasi atau orang tua mereka tidak memberikan instruksi dan informasi yang sesuai.

Jangan lupakan si anjing. Anjing tidak memerlukan mainan atau perhatian khusus untuk merasa penting; anda hanya perlu menjaga rutinitas, menyediakan waktu jalan2 harian dan kepemimpinan yang konsisten. Hal ini akan membantu anjing anda merasa aman, nyaman dan membuatnya merasa tenang dalam menghadapi tambahan baru dalam keluarga.

Lupakan jenis ras. Jangan berasumsi anjing anda tidak akan menimbulkan masalah hanya karena berdasarkan jenis rasnya atau sebaliknya. Tentu ada beberapa bayi yang telah di gigit oleh Rottweilers dan pitbulls, tapi beberapa bayi juga ada yang cedera karena Labrador, chow2s dan jenis campuran. Seorang bayi di Rhode Island terbunuh oleh seekor Pomeranians lucu yang mungil. Apa kuncinya? Kepemimpinan. Jujurlah dengan diri sendiri. Bisakah anda mengatur anjing anda setiap saat di setiap situasi?

Keselamatan anak anda adalah yang utama. Jika setelah bekerja dengan pelatih profesional dan dengan diri anda sendiri, anda masih belum bisa yakin 100& menjadi pimpinan anjing anda, maka anda harus dengan serius mempertimbangkan waktu 9 bulan tersebut untuk menemukan rumah baru bagi anjing anda.

Recommended Products: Becoming a Pack Leader DVD Cesar’s Way Book

SUMBER: ENGLISH SOURCE:

http://www.cesarsway.com/tips/yournewdog/introduce-your-dog-to-your-baby

comments here :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: