mommy me

Tiap keluarga punya kebiasaan turun menurun, punya cara masing2 dan logika masing2…

jangankan antar keluarga, antara gw dan nyokap pun pasti ada perbedaan dalam menangani Vito.

Bersyukur, perbedaan itu bisa dibilang hampir ga ada..

Soalnya, nyokap cenderung tidak mengatur, sepenuhnya mempercayakan Vito ke insting dan feeling gw, sekedar ngasih masukan kalo gw nanya dan kalo saat2 genting. yang dimana amat sangat jarang.

Adapun, kalo gw perhatikan, ada beberapa hal yang kayaknya dianggap ekstrem oleh orang lain, atau diluar kebiasaan pada umumnya.

I dont know i you also do this to your baby, but me and my mom did:

1.  Membiasakan adaptasi

Diumur 4 bulan 2 minggu, anak gw udah naik kereta ac/non-ac, naik bus ac/ non-ac, naik angkot, naik bajaj, dan naik motor. Semua dikondisikan pada saat yang cukup nyaman dibatas toleransi bayi menurut gw dan nyokap.  Yaitu saat kondisi masih pagi, saat bukan jam PP kerja, dan kondisi jalan yang ngga macet. Di bus/kereta non-ac adalah1-2 makhluk bodoh yg asyik ngerokok, tapi masih bisa dihindari koq.. Dan gak gw anggap terlalu ganggu asepnya. Oh iya,  maksimal kendaraan umum non-ac itu 1 jam.. itu udh paling lamaaaaaaaaaaaaaa bgt. Kalo gw sih, semcam trip, dari Tambun ke Bekasi, atau dari Tangerang ke Binong, atau kereta dari Tangerang ke Kemayoran. Rata2 ga sampe sejam, dan sampe tempat tujuan paling siang jam 10. Semua dijalanin kalo kondisi Vito sehat dan fit. Yang pasti sih, dia kelihatan menikmati perjalanan. Terlepas dari klakson Bus yang super bising, cuma bikin kaget 2 kali, Vito asik banget liat puncak pohon yang dilewatin.

Foto0618 (2)

2. ngetawain yang suka lebay sama kesterilan

Maaf nih sebelumnya, tapi gw ketawa miris dan ngakak sebel ngeliat gaya salah satu pasangan selebriti(bukan artis) yang berlebihan sterilnya. Depan kamar bayi dituliskan: AREA BEBAS ROKOK, trus ada juga: MATIKAN PONSEL+ALAT ELEKTRONIK SEBELUM MASUK. Semacam pom bensin kali ya itu kamar bayi.. xixixi.. trus ada juga semacam pencuci tangan antiseptik tanpa air gitu disisi pintu masuk..  wadoooh… (muter2mata ampe puyeng).

Buat gw(dan nyokap), kecuali memang anaknya didiagnosa ada sakit, atau berkebutuhan khusus, sebaiknya anak itu emang dihadapkan ke kondisi yang ngga steril, supaya punya daya tahan tubuh yang kuat.

Anak yang tumbuh di lingkungan terlalu steril tidak dapat mengembangkan daya tahan tubuhnya dengan maksimal. Ibarat tentara, imunitas anak perlu mendapat latihan dengan ‘musuh kecil’ sebelum ‘turun perang’ saat serangan sesungguhnya datang. Walaupun boleh bermain ‘kotor’, Mama harus tetap membiasakan anak mencuci tangannya.

Kalo radiasi gelombang elektronik, gw rada ga2 paham ya, dan sesuatu yg gw ga paham, sebaiknya memang dibatasi. Gw baru aja gugel soal itu dan berita sekarang yg gw baca adalah yang penting membatasi penggunaannya,  karena anak dibawar umur 8 tahun masih sangat rentan dengan paparan radiasi. Jadi sebaiknya jangan biarkan ponsel menyala saat tidur. Atau letakkan jauh dari posisi tidur.

3. Baby spa dan lulur coklat?

MAN. Buat gw, coklat itu buat dimakan!!! titik. Bukan buat dibalur ke tubuh anak2 yang kulitnya masih halus sempurna dan belom bisa ngerasain stress(entah kalo emang anak bisa stress karna punya Ibu yg lebay..:p).  Segala sesuatunya itu dari dalem.. apalagi anak2… banyak makan buah, sayur dan makanan bergizi sehat, ga perlulah lulur2 coklat buat relaksasi itu. LEBAY.

Gimana soal baby spa?.. pijit, trus ngambang2 dikolem kecil itu seharga 250rban(kalo gak salah)..  err.. My mum said, give that 200rb for me and i will make your baby ngambang2 dibak kamar mandi berisi aer anget..  50rbnya mom? Kasih lah ke tukang pijit bayik!! HAHAHAHAHAHAHAHA.. Oh dear Mom, I’m so lucky to have you.

Sebagai orang yg bisa berenang dengan lihai, tidak cepat tapi lihai, gw pun gak sabar memperkenalkan anak gw ke kolem renang. Gw pecinta air,.. Kolam renang dan pantai. So I wish my son to love those too.  Tapiiii nyokap gw wanti2,.. sabar aja.. tunggu bisa duduk dengan baik, baru ajak ke kolam renang beneran nanti pagi2 sekali. Saat masih sepi. Ajak main air sebentar. Trus udahan. Sabar aja..  Lagian Vito kayaknya ga takut air koq.. tuh lihat, disiram bayem pun dia dengan lihai nutup mata dan kelihatan menikmati.. cihuyyy…

Ditutup karena gak mau nyombongg.. :p

Ditutup karena gak mau nyombongg.. :p

So, ratusan ribu untuk hal yang sesungguhnya tidak perlu? Semacam pembodohan para OBK(ortu baru kaya) kalo menurut gw.

4. S1 ASI, S2 ASI, S3 ASI.. W O W..

Secara pribadi, gw sangat mengakui bahwa ASI memang terbaik untuk bayi, ga bisa ditandingin sama susu semahal apapun.  Vito ga tersentuh sufor sampai 3 bulan. Gw jujur sangat sedih.. sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhh banget, kalo inget pun sekarang gw masih sangat sedih dan menyesal. ASI gw termasuk banyak pada saat itu. Tapi gw ga langsung perah untuk disimpen.. hiks.. maapkan momimu ya Nakkk… Saat gw ngantor, vito langsung kena sufor.  Walaupun di kantor tetep perah, tapi ga cukup.  Alhamdulillah nyokap gw adalah jenius dalam mengurus bayi. Super jenius. Anak gw tumbuh ceria dan sehat.  Usaha memerah terus berlanjut, walaupun hasilnya miniiiiiimmmm bangetttt.. entah kenapa kalo diperah, ga mau keluar banyak. Beberapa akun twitter asi gw ikuti, tapi kebanyakan koq lebay ya.. ada yang agak2 mencibir orang2 yang memilih/terpaksa memberi sufor ke anaknya.

Menyemangati itu baik, tapi ada kalanya kata2nya terdengar sinis buat yang memilih untuk gak asix.  Gw memilih untuk gak ekslusif asi. Dari umur sebulan, Vito udah icip2 air putih.  Walaupun gak ada gizinya, menurut gw( dan nyokap), air putih itu sehat. Dan hanya untuk nyegerin/bersihin lidah. Toh bukan maksudnya minum air putih buat pengganti susu. Do-oh.

Buat gw, titel S1, S2, S3 asi itu konyol. I know its an offense, but I’m sorry i just have to write this.  Bahkan jika nanti anak kedua gw MURNI NGE-ASI sampe 3 taun, ga akan deh gw kasih dan print-in dia titel “LULUS S3 ASI”.  Yes, its something to be proud of, but its not something to be BRAGGED of.

Apapun, gw tau keberhasilan asi bukan kerja sendiri, itu dukungan orang sekitar. Nyokap selalu rajin masakin makanan2 sehat, asi gw sempet melimpah. Tapi kebetulan M bukan

tipe2 yg sangat2 peduli soal itu. Dia ngedukung apapun yg gw minta, tapi bukan tipe2 yang inisiatip macem2. Cenderung lebih ke: “It’s great but don’t push yourself too hard, honey..”. Kalo ga cukup ya beli susu ajaaa.. Nah, gimana gw mau perjuangin untuk tanpa sufor sementara laki gw aja nyantai kayak dipantai.. *carikambingganteng eh,kambinghitam.

Anywaaaaaaaaay… Yang penting vito sehat hat hat.. Menjelang 6 bulan, dia lagi semangat2nya melahap APAPUN yang ada didepan mata dan genggaman tangannya.. kalo udah ada yang megang gelas, langsung ga bisa diem,.. ngotot minta minum dari gelas!! Kalo ada yg makan depan dia, langsung dia perhatiiiiiiiin banget, cenderung melas minta.

Sejauh ini beberapa makanan yg sempet mampir ke bibir mungilnya; apel, jeruk,pisang,pepaya,es krim, roti, mozzarella, pizza, coklat, kentang/wortel dari sup.

Giginya juga belum tumbuh.. hmmm… lagi lucu2nya.. Toothless baby are supercute!!

2 responses

  1. thats why…gw ga terlalu suka ikut komunitas macem itu…beberapa orang cenderung meremehkan yang lain tanpa tahu alasannya, maksud gw kalo mau kampanye ya kampanye lah tapi ga usah acara sinis gitu lebih-lebih ga ngerti kondisinya, I agree with “something to be proud of, but its not something to be BRAGGED of” (soon gw akan kutip kalimat ini, boleh dong ya? hahahaha :D), semenjak belum punya anak sampe sekarang udah ngerasain punya, gw masih menganggap memamerkan hal-hal seperti itu adalah kurang penting, gw lebih suka fokus besarin anak ketimbang mamerin mereka😀

    1. dulu ngefollow ditwitter, maksud hati pengen dapet tips2 bagus untuk asip. Tapi ya sudahlaaah.. hehe..

      kutipmengutip itu sudah biasa diantara kita kaaaan?? hohohoooo..

      Iyahh.. buat gw, jauh lebih seru memamerkan anak didunia nyata.. #eh

comments here :

