Tentang DSA

Gw cenderung gak pilih2 soal dokter anak,  ga terlalu ribet nyari tau mana yang bagus mana yang ngga. Lagian, standar bagus tiap orang kan beda2..

Dari yg gw baca2 di beberapa blog, beberapa mama seneng2 aja tuh disodorin buku buat baca di tempat. Disuruh baca sama dokternya: “ini bu.. baca nih..” kalo gue jujur akan agak tersinggung. Gunanya gw ke dokter kan untuk mendapatkan masukan dari ahli. Kalo mereferensikan bacaan sih seneng2 aja, tapi untuk nyuruh baca ditempat, duh.. Gw ga sreg.

Atauuu.. ada juga yang ga suka karena dikasih obat macem2…  Iya sih,.. kasian anak kebanyakan minum obat.. Tapi, kalau memang perlu gimana?

Nah, kuncinya sih kalo buat gw, yang penting DSA itu KOMUNIKATIF. Dengan senang hati menjelaskan apapun pertanyaan kita, kebingungan kita.

Urusan dia bo’ong misalnya, itu pinter2nya kita sebagai Ibu dong untuk menyaring informasi.  Kalo kebanyakan kasih obat, ya dokternya harus bisa ngejelasin dengan baik, buat apa aja itu masing2 obatnya. Kalo emang dia ga bisa/keliatan males ngejelasin, ya jangan ditebus.. dan jangan dateng lagi ke dokter yang sama.

Sejauh ini ALhamdulillah, Vito ngunjungin dsa-nya ya cuma untuk imunisasi atau cek-up aja. Dia ada semacam pilek yang ga keluar, nafasnya agak ngkrek2 tapi jaraaaaaaaaang.. cuma pas sore aja..  Dr.Harnel cuma bilang, GUNAKAN EXHAUST FAN!!! hehehe.. gak dikasih obat apa2.

Sejauh ini, Vito udah mengunjungi 3 dokter, Dr.Natalina di RS.Karya Medika tambun, Dokter cantik, lembut dan Vito kayaknya suka banget sama doi… hahaha.. kalo mau disuntik, gampang banget, dia sibuk terpana sama dokternya.

Trus Dr.Harnel, di Usada Insani Tangerang. gw suka karena ramah, komunikatif  dan sangat pro asi.

yang ke 3,… umm.. baca dibawah aja deh ceritanya.. hehehehe…

Kunjungan berikutnya agak mengecewakan, aku telat sehari alias ga sesuai jadwal dr.Harnel. Niatnya sih nyobain klinik Ibu anaknya Usada Insani. Tapi ujung2nya malah diputer2(suruh dtg jam2. dtg jam 2 dibilangnya bidan standbynya ga ada dan kliniknya tutup) dan diarahin ke Dr.L. Okelah ke Dr.L. yang lagi visit pasien. Seharusnya waktu itu Dr.L abis visit pasien langsung pulang, tapi bersedia balik ke poliklinik buat vaksin anakku. DI Dr.L aku sempet nanya soal varian vaksinasi.. aku pengen coba vaksin DPT yg panas. Tapi agak dicegah (emang mau dikasih vaksinasi yang sama kayak yang dipuskesmas2?–nada meremehkan) umm..baiklah,.. langsung meragu, akhirnya minta vaksin yang paling bagus!! hehehe.. *labil
Waktu mau disuntik, Vito ditelentangin.. tangan ditaro disamping kepala kanan kiri, aku disuruh megangin.Aku pegangin tapi ga ketat, Sang dokter ngeliat trus negur”Dipegangin Bu..!” sambil nekenin posisi tangan Vito kembali ke samping kanan-kiri kepala. Jujur gw langsung ga suka, sambil menuruti kata si dokter, mastiin tangan vito ga bisa bergerak, gw pun ngomong: “Dia ga ribet koq kalo disuntik. Ga banyak gerak.” saya ajak omong vito buat ngalihin perhatian dan Cuss.. vito disuntik. Udah. Kata Dokter. Aku pun nenangin vito, makein kembali celananya, trus ngegendong. Sampe dirumah,… ada noda darah di celana Vito. Begitu celana aku buka, aku cek, ternyata habis disuntik beneran ga dikasih plester kapas alkohol.. jadi ada noda2 darah keluar.. uuuuuuuuhhh,.. mau maraaaaaaaahh,,… Gak lagi2 deh ke Dr. itu!!

=================================================================================================

Biar gimanapun, “mengutip kata nyokap, dan sahabat gw si nenexfanny” Dokter terbaik untuk bayi/anak adalah sang Ibu. Kita yang paling tau dan mengerti apa yang terbaik untuk anak kita sendiri. Entah itu obat tradisional, obat kimia ataupun pilihan dokter, perasaan Ibu itu penentu yang terbaik.

Dan hari giniiiiiiiiiiii?? banyak2 gugling, browsing, apapun resep yang dikasih dokter, penjelasannya ada di internet.. banyak2 baca itu perlu banget buat orang kayak gw,.. dikasih selebaran buat dibaca pun pasti akan gw lakukan dirumah. tapi tidak diruang praktek dokter, dibawah mata sang dokter… hahahahaha…

4 responses

  1. Milih dokter yg baik itu emang sulit ya takut salah pilih malah kenapa2

    1. iyaa beneeeeeeer..
      Dirimuh yang paling ngerasaain ya.. Kalo salah pilih resikonya buessssaaarrrr…:(

      soal untuk anak, terlebih bayi.. ngerii.. karena mereka ga bisa bilang apa yang mereka rasain.. bener2 musti ngeraba.. kalo dokternya ga peka, nyawa taruhannya..

      A bestfriend of mine lost their 4 months son. Bukannya mengkambinghitamkan, tapi beberapa kali ke dokter sebelum kejadian, dibilangnya gak pa2 terus.. Segitu mereka yang amat sangat teliti dlm milih dsa, rekomen sana-sini..:(

  2. abang Vito pinter ya ga nangis kalo disuntik..
    sama kayak Abang Raja, paling cuma nangis bentar karena kaget. terakhir malah ga nangis. Soalnya sibuk ngekek dibecandain sama dokternya. Semoga nanti di Pontianak abang dapet DSA yang ramah dan baik kayak DSA-nya di Bandung🙂

    1. hihiii.. iyaaaa.. wah, hebat banget tuh kalo gak nangis..
      Emang ternyata kudu teliti ya milih dsa.. rekomendasi orang banyak bukan berarti sreg sama kitah…

      Ayooo.. mulai cari2 info dsa2 di pontianak..
      yaaahh… kangen terus deh Aunty-nya… hiks!!

comments here :

